4 Cara Merawat Kebaya Biar Ngak Cepat Pudar dan Tahan Lama

Kamu sedang mencari tips mencuci dan merawat kebaya yang tepat? kali ini Anacaraka akan berbagi berbagai tips yang tepat untuk mencuci dan merawat kebaya agar tetap awet dan terlihat baru.

Kebaya adalah salah satu pakaian yang telah dikenal sejak lama di Indonesia. Kebaya adalah pakaian yang sangat nyaman dan cocok untuk berbagai acara, terutama oleh wanita Bali. Biasanya, kebaya Bali dipakai di acara-acara formal seperti resepsi pernikahan, wisuda, atau kartinian. Dengan memakai kebaya, wanita akan terlihat lebih cantik dan anggun. Namun, karena kebaya terbuat dari material yang halus dan mudah rusak seperti bahan sutra, brokat maupun sifon, anda harus benar-benar hati-hati dalam merawatnya. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu anda merawat kebaya Bali dengan benar.

1. Jangan mencuci kebaya dengan mesin cuci

Kebaya nggak harus dicuci setiap saat setelah dipakai, kecuali sudah benar-benar kotor dan bau setelah beberapa kali dipakai, cukup diangin-anginkan saja. Jika harus dicuci, jangan mencuci kebaya Anda dengan mesin cuci. Mesin cuci dapat merusak material halus kebaya anda, terutama kebaya sutra maupun kebaya sifon. Sebaliknya, kebaya dapat dicuci dengan tangan dengan menggunakan sabun cair, air hangat dan spons lembut. Jangan gunakan detergen bertekanan tinggi atau sabun berwarna keras, terutama kebaya bermotif seperti kebaya lukis Anacaraka. Meskipun warna kebaya lukis tidak mudah pudar, namun perawatan diperlukan untuk mempertahankan warna lukisan dalam jangka waktu yang lama, sehingga sebaiknya penggunaan detergen yang keras perlu dihindari.

2. Gunakan jeruk nipis untuk menghilangkan noda

Jangan gunakan pemutih atau pemutih lainnya untuk merawat kebaya, ini dapat merusak warna dan bahan kebaya. Jika kebayamu terkena noda, coba bersihkan dengan jeruk nipis, air jeruk nipis mengandung zat yang bisa mengikis bercak noda dan memelihara warna kain. Cara penggunaanya cukup mudah, gosoklah bagian yang terkena noda dengan air jeruk nipis, biarkan hingga meresap, lalu rendam dengan air dan setelah itu cuci biasa menggunakan tangan.

3. Mengeringkan dan menyetrika kebaya

Jangan gunakan alat pengering rambut atau alat setrika untuk mengeringkan , alat ini dapat merusak bahan kebaya. Sebaliknya, kebaya dapat dikeringkan dengan cara alami, yaitu dengan cara diangin-anginkan dan tidak dijemur secara langsung di terik matahari. Ketika menyetrika kebaya pastikan kebaya sudah dalam keadaan kering. Setrikalah kebaya dengan mengatur suhu setrika pada pengaturan paling rendah. Mulailah menyetrika kebaya dari sisi dalam kebaya kemudian barulah menyetrika pada sisi luar kebaya.

4. Menyimpan kebaya

Setelah membersihkan dan mengeringkan kebaya, anda dapat menggunakan produk pelindung tekstil untuk melindungi material kebaya. Produk ini dapat membantu menjaga kebaya tetap bersih dan lembut. Jangan simpan kebaya di tempat yang panas atau berdebu, karena hal ini dapat merusak bahan kebaya itu sendiri. Simpan kebaya di tempat yang dingin dan kering dan jangan menyimpan kebaya di tempat yang lembap, karena ini dapat menyebabkan jamur pada kebaya.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, semoga kebaya anda menjadi awet dan tidak pudar. Eits..jangan lupa untuk lihat koleksi kebaya lukis anacaraka ya!!

Referensi

  1. Beda dengan Baju Biasa, ini 7 Cara Merawat Kebaya Biar Nggak Cepat Kumal dan Tahan Lama
  2. Tips Mencuci Dan Merawat Kebaya Yang Tepat
Keranjang Belanja